Tugas Kelompok Etika dan Profesionalisme TSI (Profil Andrew Darwis CTO Kaskus.us)

13 04 2012
·ABDULBASITH – (10108009)
·BAHARUDDIN NURUL IMAM -(10108386)
·FARIEZ PEBRIAN WIRAPUTRA – (10108772)
·FERY SEPTIYANTONO – (10108810)
·MUHAMAD KHAFID WIDIANTO – (12108161)
Universitas Gunadarma
Sistem Informasi
2012/2013
Profil Andrew Darwis
Andrew Darwis (lahir 20 Juli 1979; umur 32 tahun) merupakan pendiri (founder) komunitas online terbesar di Indonesia, Kaskus lewat situs Kaskus.us yang sekarang ini mempunyai lebih dari 3 juta member . Andrew sekarang menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) PT Darta Media Indonesia (Kaskus) sekaligus pemilik (owner) Kaskus Network lewat PT Darta Media Indonesia.
Pendidikan
Karier Andrew Darwis
Asal mula mendirikan Kaskus Indonesia
            Andrew mendirikan Kaskus pada 6 November 1999. Bermula dari pengalamannya saat menimba ilmu di salah satu universitas terkemuka di Negeri Paman Sam, Seattle University, Program Studi Multimedia & Web Design, Art Institute of Seattle Computer Science di tahun 1999, pria yang disapa Andrew ini terinspirasi membuat website forum komunitas yang bisa di bilang menjadi yang terbesar di Indonesia. “Saat itu saya ditugaskan oleh dosen untuk membuat program dari free software, dari situlah mulai muncul ide membuat website dengan nama Kaskus.” Ujar Andrew yang bekerja di perusahaan lyrics.com saat kuliah di Amerika. Kaskus berasal dari kata Kasak-Kusuk atau bermakna bergosip. Dengan modal awal sebesar US$ 3 (Rp 30.000,-) untuk membeli server, Andrew dan dua rekannya, Ronald dan Budi, memilih untuk membuat portal yang berisi mengenai berita maupun informasi tentang Indonesia. Portal tersebut sengaja di buat menjadi suatu media untuk memuaskan kerinduan bagi masyarakat Indonesia yang berada di Luar negeri. Manfaatnya adalah semakin membaiknya geliat bisnis online, serta banyaknya orang yang memulai bisnis online dilihat Andrew sebagai potensi besar yang mendukung perkembangan Kaskus. Berdasarkan survey, terdapat lebih dari 40 juta pengguna Internet di Indonesia. Dengan jumlah yang luar biasa tersebut, ia mengasumsikan bahwa masing-masing pengguna Internet adalah target pasar yang potensial Kendalanya Andrew mengaku bahwa kendala terberat dialaminya saat awal pembentukan Kaskus.
             Ia harus turun tangan langsung dan memperbaiki apabila ada server yang down, karena saat itu Andrew belum memiliki karyawan. Selain itu kendala terberat juga dialaminya ketika pindah ke Jakarta, karenai ia harus meyakinkan customer dan advertiser mengenai citra Kaskus.Pemasarannya Andrew dan timnya di awal usaha harus bergeriliya door to door ke klien untuk memperkenalkan positioning Kaskus dan tidak sampai 1 tahun, Kaskus sudah banyak dipercaya oleh client-client besar yang sudah mendukung Kaskus sejak pertama kali Kaskus launching pada Desember 2008. Berselang 2 bulan kemudian Kaskus resmi menjadi perusahaan professional di bawah bendera PT. Darta Media Indonesia. Saat ini tercatat Kaskus memiliki 3.730.031 member(update pertanggal 3 Desember 2011 pada pukul 11.55) dan terus bertambah tiap detiknya. Kaskus memiliki target pasar dari usia 15-40 tahun baik kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, professional dan entrepreneur. Berbagai penghargaan juga diterima oleh Andrew di antaranya The Best Indonesian Communities for 2005 and 2006 versi Alexa.com dan Wikipedia, dari Microsoft dengan nominasi Kaskus Indonesia Innovative Top Web Site di tahun 2008, dan dari Indosat dengan nominasi Kaskus The Online Inspiring Award di tahun 2009 Saat ini untuk me-manage Kaskus, Andrew dibantu 30 orang karyawan yang terbagi dalam tim pemasaran (marketing), sales, IT dan kreatif (creative). Dari sekian banyak konten dalam Kaskus.us, tanpa ragu Andrew menyebut konten Jual Beli (FJB) dan Lounge sebagai terfavorit dikunjungi kaskuser. Para kaskuser yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia itu bisa memanfaatkan konten ini untuk transaksi bisnis online. Dalam sehari saja, 80 ribu daftar barang, diikutkan dalam Forum Jual Beli (FJB). Obsesi yang ingin diraih Andrew untuk pengembangan bisnis online-nya adalah terus mengembangkan content (fasilitas yang ada di dalam website) Di Indonesia, sehingga nantinya orang luar negerilah yang akan membeli content itu.
Penghargaan yang didapat Andrew Darwis
Pengertian Website Kaskus
            Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia.  Kaskus memiliki lebih dari 3,4 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan September 2011, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 416 juta posting. Menurut Alexa.com, pada bulan September 2011 Kaskus berada di peringkat 251 dunia dan menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.
Sejarah kaskus
            Kaskus diciptakan tanggal 6 November 1999 oleh tiga mahasiswa asal Indonesia yaitu Ravi Pratama, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, di Seattle, Amerika Serikat. Kaskus awalnya bertujuan sebagai forum informal mahasiswa Indonesia di luar negeri. Nama “Kaskus” sendiri merupakan singkatan dari kata “kasak-kusuk”. Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006. Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana Kaskus masuk dalam target penyerangan. Awal April 2007, manajemen Kaskus menambah 2 server baru untuk meningkatkan performance situs Kaskus (Dell Server). Pada Juli 2008, Pengelola Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut Kaskus membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan 8 server lagi sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah 16 server.
            Awal tahun 2011, Kaskus mengumumkan ekspansi bisnisnya dengan menjalin hubungan kerjasama bersama Global Digital Prima yang merupakan anak perusahaan dari PT Djarum. Selain itu, Kaskus juga akan menambah jumlah servernya hingga 250 buah serta melakukan rekrutmen pegawai baru hingga 80 orang
1.1 tampilan dari kaskus Old
1.2 tampilan kaskus Beta (New)
Chief Information Officer (C I O)
A.Definisi CIO
Chief Information Officer adalah jabatan umum diberikan kepada orang dalam perusahaan bertanggung jawab untuk teknologi informasi dan sistem komputer yang mendukung tujuan perusahaan. Sebagai teknologi informasi dan sistem telah menjadi lebih penting, CIO telah datang untuk dilihat di banyak organisasi sebagai kontributor kunci dalam merumuskan tujuan strategis. Di banyak perusahaan, CIO laporan langsung kepada Chief Executive Officer ( CEO).Dalam beberapa perusahaan, CIO duduk di dewan eksekutif. Biasanya,CIO dalam keputusan perusahaan besar delegasi teknis kepada karyawan lebih akrab dengan rincian. Biasanya, seorang CIO mengusulkan teknologi informasi suatu perusahaan perlu untuk mencapai tujuan dan kemudian bekerja dalam anggaran untuk melaksanakan rencana tersebut.
B. Fungsi CIO dalam oraganisasi IT
Di bidang Strategis :
1. Membantu merumuskan kebijakan strategis
2. Membantu transformasi bisnis tradisional menjadi e-bisnis
3. Menyelaraskan kemajuan bisnis dengan teknologi, informasi dantelekomunikasi
4. Melakukan inovasi di bidang produk-produk pengembangan sendiri.
Di bidang Operasional,Maintenance dan Services :
·         Menyediakan Layanan terhadap pelanggan, terhadap pemasok dan terhadap internal  perusahaan yang berbasiskan web-service
·         Membantu Perubahan bisnis secara cepat
·         Membantu pemilihan supplier
·         Mengadakan e-auction dan e ±procurement
·          Penguasaan dan Pemerataan Kemampuan Teknologi
·          Penyelarasan data-data di seluruh divisi bisnis
·          Penyelarasan sistem informasi
·         Mereduksi Biaya Produksi dan Meningkatkan Profit Margin
·         Mendekatkan PT.xxx dengan perusahaan rekanan melalui Web Servicedengan layanan-layanan seperti Maintenance,Monitoring kemajuan proyek .
Di bidang korporasi
·         Mengurangi korupsi dengan implementasi TI sebagai wahana GCG
·         Meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM dan memperbanyak knowledge worker
·         Meningkatkan Penerapan Sistem Informasi
2.Chief  Technology Officer (CTO)
A. Definisi CTO
            Chief Technology Officer adalah salah satu level dari posisi Eksekutif pada suatu perusahaan yang difokuskan pada hal ke ilmuwan dan isu teknologi dalam suatuorganisasi. Seorang CTO biasanya bekerja sama dengan bagian HRD dalam aktivitas,dan menyusun rencana jangka panjang. CTO bertanggung jawab mentranformasi modal baik itu secara moneter, intelektual, atau politis ke ranah teknologi untuk mencapai tujuan dari organisasi. Seorang CTO melaporkan hasil kerjanya pada CEO.CTO juga harus dapat bekerja sama dengan badan pemerintah yang menetapkan peraturan serta memiliki kemampuan untuk bertemu dengan penasehat hukum untuk memasukkan pertimbangan-pertimbangan yang legal dalam perencanaan strategis.B.
Fungsi CTO di dalam organisasi
·         Mengelola arsitektur teknologi informasi
·         Dalam operasionalnya lebih ke Eksternal (lebih fokus pada prosesrekayasa/engineering)
·         Melakukan pengembangan produk yang akan ditawarkan kepada pelanggan
·         Melayani Pihak eksternal seperti pelanggan/pembeli/klien
·         Membantu para vendor dalam menyediakan solusi yang dibutuhkan untuk mengembangkan produk yang ditawarkan oleh organisasi
·         Mengelola agar segenap arsitektur produk yang dikembangkan oleh perusahaan mendukung kebutuhan utama organisasi
·         Mengembangkan strategi untuk meningkatkan penghasilan/pemasukan(top line company activities/objectives)
3. Chief Executive Officer(CEO)
A. Definisi CEO
            Chief Executive Officer adalah jabatan tertinggi di suatu perusahaan dan mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan perusahaan tersebut. Namun, titel CEO sering mempunyai banyak tafsiran dalam penggunaannya, karena sering diasosiasikan sebagai President atau Direktur Utama dalam suatu perusahaan. Dan, dalam banyak organisasi CEO malahdigambarkan lebih penting daripada President Director perusahaan. Sebab, ia mempunyai tugas yang lebih luas daripada President Director dan sering juga dikombinasikan dengan Chairman of The Board. Disamping itu, terdapat pula CEOyang memiliki peran ganda. Artinya, selain sebagai Chief of The Board (formal), ia juga sebagai Chief of Operational Officer.B.
Fungsi CEO :
·         Pada fungsi Perintis (Pathfinder) melihat bahwa CEO harus tahu kemanaharus menuju dan dapat menuntun dalam perjalanannya. Sebagai pemimpin, ia berhasil membawa teamnya ke tempat yang dituju meski mereka pada awalnya menolak.
·         Fungsi Penyelaras (Alignment) melihat CEO haruslah mampu membuatsistem kerja yang baik sehingga perusahaan dapat berjalan ke arah yang benar sesuai tujuan yang hendak dicapai.
·         Fungsi Pemberdaya (Empower) memperlihatkan fungsi CEO yang harusmampu mendorong semua orang terlibat dalam perusahaan dengansepenuh hati. Bekerja tidak hanya karena kewajiban namun bersediamemberikan yang terbaik tanpa paksaan siapapun.
·         Fungsi Panutan (RoleModel) melihat bahwa CEO haruslah dapatdipercaya untuk diikuti.
Kisah Andrew Darwis dalam kehidupan nyata
“Keberhasilan http://www.kaskus.us merupakan kesuksesan Andrew Darwis, 31. Bahkan saking serius membangun Kaskus, founder sekaligus Chief Technical Officer (CTO) Kaskus Networks ini sampai tak sempat berpacaran. Mengapa?”
            MENURUT data Alexa (The web information company) terbaru, Kaskus yang merupakan portal berita dan forum komunikasi itu menempati urutan enam dari daftar Top 100 Sites in Indonesia 2009 dan sekarang menjadi urutan ke 2 setelah detik.com. Kaskus ada di bawah deretan dominasi portal asing, yaitu facebook.com, google.co.id, google.com, yahoo.com, dan blogger.com. “Maka kaskus adalah situs Indonesia nomor satu,” ujar Andrew Darwis, founder sekaligus Chief Technical Officer (CTO) Kaskus Networks kepada INDOPOS (JPNN Grup). Maka, tidak heran juga jika keberadaannya mulai dilirik para investor. Kaskus saat ini mendapat ‘serangan’ pemodal yang berminat berbisnis di sektor dunia maya. Sementara ini, penawar tertinggi adalah senilai USD 50 juta. Tentu saja Andrew belum rela melepasnya dengan keyakinan bahwa setelah mendapat polesan lebih indah lagi dalam jangka waktu satu tahun setidaknya sudah bernilai ganda. “Tapi sebenarnya kemarin kalau ada yang berani USD 60 juta saja saya lepas,” kata pria kelahiran 20 Juli 1979 itu. Andrew memiliki dana investasi untuk dialirkan di nadi perusahaan Kaskus dari hasil kerja di Amerika Serikat. Hampir 10 tahun pria yang biasa berinternet lebih dari delapan jam dalam sehari itu tinggal di Negeri Paman Sam. Sebelum ke AS, dia sebetulnya sudah merasakan gajian dengan kerja paruh waktu di perusahaan Web Design di Jakarta. Ada dua perusahaan yang menggunakan jasanya, yaitu kemana.com dan indotradezone.com. Saat itu pada 1998, gajinya Rp 500 ribu, sehingga bisa membantu biaya kuliahnya di Jurusan Manajemen Informasi, Universitas Bina Nusantara.
            Pada awal 1999, Andrew merasa butuh sekolah yang lebih fokus lagi, terutama yang bisa mendalami ilmu membuat website. “Tapi nggak ketemu di Indonesia. Sampai akhirnya teman yang sudah sekolah di Amerika kasih tahu bahwa ada di Seattle. Ya sudah saya keluar dari kampus di Jakarta, berangkatkesana,”ulasnya. Sambil kuliah untuk mendapat gelar sarjana di Art Institute of Seattle itu Andrew dipekerjakan di bagian perpustakaan kampus dan laboratorium komputer. “Tapi kerjanya nggak teknis komputer. Malah lebih ke beres-beres komputer, isi tinta dan kertas printer, ya begitu begitu saja,” ungkap pria yang matanya minus 1,5 itu. Begitu kuliah selesai, Andrew mendapat pekerjaan di kota yang sama di perusahaan web design Thor Loki selama tiga tahun dengan gaji per bulan USD 1500. “Gajinya sebetulnya kecil. Karena standar gaji web design di sana itu minimal USD 3000. Tapi berhubung cari kerja susah ya saya ambil,” ujarnya. Sambil bekerja, Andrew melanjutkan kuliah S2 di Seattle University Jurusan Computer Science. Setelah lulus, dia pindah kerja dengan membangun portal musik, lyrics.com. Otaknya hanya berdua, dia dan bosnya keturunan Vietnam yang sudah menjadi warga AS. “Di sini gajinya jauh lebih besar,” akunya. Di tengah kesibukan bekerja dan menyelesaikan sekolah itu, Andrew tidak pernah lupa untuk tetap mengembangkan Kaskus sedikit demi sedikit. Sampai akhirnya pada 2008, dia merasa harus pulang dan fokus di Kaskus. “Sebenarnya saat itu kalau mau tinggal di Amerika sudah enak. Sudah punya pekerjaan. Walaupun gaji tidak besar, tapi cukup untuk kredit rumah dan mobil,” ulasnya. Keyakinan bahwa Kaskus akan besar yang membuat Andrew akhirnya pulang juga. Terlebih dia juga diyakinkan oleh Ken dan Danny bahwa membernya di Indonesia terus meningkat.
Belum Pernah Pacaran, Lebih Fokus Komputer
KUNCI keberhasilan Andrew Darwis adalah fokus, giat, dan sungguh-sungguh bekerja. Betapa tidak, selama 10 tahun di Amerika Serikat (AS), dia hanya bergaul dengan bidang komputer dan internet tanpa pernah pacaran. Menurut Andrew, ada untungnya juga kuliah di Seattle. Kota itu lebih sering mendung dan hujan, sehingga membuat banyak orang, terutama dirinya menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan. Karena itu, Andrew manfaatkan untuk melampiaskan hobinya bermain komputer. Selain itu, kata Andrew, Seattle juga tidak sedinamis seperti di Los Angeles (LA). Beberapa temannya di LA sering mengabarkan, bahwa tidak jarang waktu luang dihabiskan ke tempat hiburan. “Sedangkan di Seattle itu jarang ada klab atau tempat hiburan seperti di LA,” ungkapnya. Jarang bersosialisasi di luar konteks belajar dan bekerja membuat tipis peluang Andrew mendapatkan kekasih. Dia mengaku belum pernah sekalipun jatuh cinta kepada perempuan selama di sana. “Teman ya ada. Tapi perempuan bule itu biasanya tidak tertarik dengan cowok Asia. Kalau cowok bule ke cewek Asia masih mungkin,” ujarnya. Setiap ada waktu luang, Andrew lebih sering menghabiskan di tempat tinggalnya dengan menonton, bercerita dengan teman, atau bermain komputer lagi.
            “Kebetulan tempat saya itu strategis, dekat ke kampus juga. Letaknya di tengah- tengah. Jadi teman-teman Indonesia yang ada di sana pasti nongkrong di tempat saya,” terangnya. Andrew mengaku orang tuanya saat ini mulai sering bertanya dan mengingatkan agar tidak terlalu lama melajang. “Iya juga sih tapi calonnya belum ada,” katanya.Sementara itu, Andrew sedang semangat berbicara kepada banyak orang terutama kalangan IT agar membuat terobosan baru di internet. Menurutnya, peluang berbisnis di dunia maya masih terbuka lebar. “Kalau bisa orang Indonesia itu hanya buka website lokal saja, jangan facebook terus,” pungkasya [JPPN]
Alamat kantor kaskus:
Alamat kaskus yang baru adalah Menara Palma lantai 10 dan 11, kuningan, Jakarta
Gambar Kantor kaskus baru di Jakarta
Refrensi : wikipedia.com
kaskus.us

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: