Dampak Positif dan Negatif Pola Konsumtif

19 11 2010

Konsumtif

Konsumtif

Konsumtif ?

Mungkin tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, dan mungkin juga asing bagi beberapa orang padahal mereka telah menerapkan pola hidup konsumtif.

Sebelum lebih jauh kita definisikan dulu apa itu pola konsumtif Pola konsumtif adalah suatu sifat mendasar pada kehidupan setiap orang yang ingin menggunakan setiap barang-barang yang ada tanpa memperdulikan seberapa pentingkah barang barang tersebut, terutama barang-barang yang berhubungan dengan teknologi tapi bukan hanya barang teknologi saja melainkan setiap barang yang hanya ingin dipakai atau dapat dikatakan tidak ingin menciptakan suatu barang atau tidak ingin mengetahui bagaimana cara pembuatan barang tersebut. Hal itu dapat disebut tindakan konsumtif.

Dampak pola konsumtif tidak hanya negatif saja ada juga positifnya. Tapi seperti yang kita tahu “Segala sesuatu jika berlebihan pasti tidak baik” berlaku juga pada pola konsumtif jika berlebihan maka mrugikan kita dan orang lain. Berikut dampak positif dan negatif dari pola konsumtif :

Dampak Positif :

  • Dapat mempermudah masyarakat dalam melaksanakan kegiatan. Contohnya pada suatu perusahaan mereka menggunakan barang-barang berteknologi canggih dalam melaksanakan kegiatan perusahaannya.
  • Dapat mengurangi jumlah pengangguran. Kenapa? Jelas karena semakin bertambahnya permintaan tenaga kerja pun semakin dibutuhkan.
  • Membuat generasi semakin baik. Lihat saja kita umur 5 tahun apakah sudah mengerti bahasa asing, internet, telepon genggam, dan masih banyak lagi.

Dampak negatif :

  • Pemborosan, Banyak sekali barang yang dibeli kemudian tidak dipakai lagi.
  • Dapat membuat orang hidup serba praktis. Dan hal tersebut menjadikan kita malas.
  • Kurangnya bersosialisasi langsung.

Jadi sebaiknya kita jauhilah pola hidup konsumtif yang berlebihan. Kenapa ? karena pola hidup konsumtif yang berlebihan merupakan pola hidup yang tidak baik dan akan merugikan diri sendiri dan orang lain.


Aksi

Information

4 responses

23 11 2010
ryusaiba

ganti nih putih backgroundnya…

24 12 2010
aqbambang

thx artikel’y,ckup m’bantu…
^_^

9 05 2011
ndy's ndut

ckuup memmbantuu ….

11 03 2012
ffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffff

b

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: