.:: Bad Design ::.

24 10 2010

Desain diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Desain ada pada suatu objek entah itu baik atau buruk tergantung setiap orang melihatnya dari sudut pandag yang mana. Desain baik akan memberikan nilai tambah terhadap suatu objek entah itu mobil, motor, notebook, bahkan pada web.

Desain Buruk (Bad Design) pada suatu objek akan memberikan nilai negatif pada objek tersebut. contoh desain buruk pada web ialah memiliki hal seperti di bawah ini :

> Semuanya huruf besar,

> Scrolling sideways (bagian yang bisa discroll),

> Ukuran teks yang terlalu kecil,

> khususnya pada huruf yang dicetak miring (italics),

> Link yang tidak dapat diakses,

> Memberitahu user bagaimana cara merubah browser,

> Warna antara teks dengan background tidak cocok.

> Strategi pemasaran yang kurang baik.

> Ketidak-akuratan isi atau isinya telah ketinggalan jaman,

Sebenarnya masih banyak lagi desain buruk pada web, Sekarang kita lihat contoh nyata dari desain buruk

FinePix Z200fd: Performa Bagus, Desain Buruk

    Fuji Film FinePix Z200fdFuji Film mengumumkan peluncuran kamera digital mereka yang masuk dalam jajaran seri Z. FinePix Z200fd ini memiliki fitur kamera digital yang lumayan canggih untuk ukuran kamera pocket. Namun dari sisi desain, kamera ini tak bisa dibilang cantik. Bentuknya kotak dengan sudut-sudut tajam ala desain tahun 80-an.Namun soal kemampuan, kamera dengan dimensi 92 x 55,7 x 20 mm seberat 134 gram ini bisa diadu. Dengan lensa Fujinon F3,8 – F4,8 dengan kemampuan optical zoomhingga lima kali, hasil bidikan kamera ini sangat cemerlang.Apalagi dengan pemasangan sensor CCD 1/2,3 inci berkemampuan 10 megapixel yang mampu menghasilkan gambar digital dengan resolusi sampai 3648 x 2736 pixel, jelas hasil bidikan kamera saku ini memiliki ketajaman dan detail yang lebih dari sekedar mencukupi.Hasil bidikan akan secara otomatis disimpan dalam format JPEG dalam media simpan bawaannya yang berkapasitas 52MB. Tentu saja kapasitas ini masih bisa ditingkatkan dengan menggunakan xD-Picture Card, SD memory card, atau SDHC memory card sampai 2GB.Bila gambar diam disimpan dalam bentuk JPEG, maka rekaman video akan disimpan dengan ekstensi AVI sedangkan yang berbentuk suara akan diberi ekstensi WAV.

    Tak ada viewfinder pada kamera ini. Mau tak mau Anda hanya bisa menggunakan layar LCD seluas 2,7 inci-nya sebagai acuan saat membidik objek. Namun seperti halnya kamera-kamera keluaran terakhir, Z200fd ini juga mengusung fitur-fitur canggih seperti face detection, red-eye removal, dan tentunya pilihan white balance.

Bila kita lihat mungkin sebagian orang tidak terlalu menyukai desain pada finepix z200fd, tapi lihat sisi baiknya apakah anda yakin desain baik pasti memilki kemampuan yang baik pula. pada finepix z200fd walaupun desain tidak terlalu dipentingkan tetapi lebih mementingkan dalam hal kemampuan (bila dibandingkan pada tahun ia dikeluarkan ditahun 2008). Jadi bisa kita ambil kesimpulan belum tentu desain buruk memiliki kemampuan buruk pula. Tetapi pada hal hal tertentu desain baik sangat berperan penting.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: