Peran Sistem Informasi Dalam Pilkada

16 10 2010

Pilkada

Pemilihan Kepala Daerah atau disingkat Pilkada adalah suatu kegiatan untuk memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah secara langsung oleh penduduk setempat yang telah memenuhi persyaratan.

Lalu apa hubungannya pilkada dengan sistem informasi ?       

Pernahkah kita mendengar E-voting. e-voting adalah penggunaan teknologi informasi pada pelaksanaan pemungutan suara. Dengan adanya e-voting maka penggunaan smart card untuk otentikasi pemilih yang bisa digabung dalam e-KTP, penggunaan internet sebagai sistem pemungutan suara atau pengiriman data, penggunaan touch screen sebagai pengganti kartu suara, dan masih banyak variasi teknologi yang bisa digunakan dewasa ini. dengan menggunakan e-voting jelas mengurangi biaya anggaran pilkada.

Jelas sistem informasi memiliki peran penting dalam pilkada seperti pada saat pengumpulan data pemilih dan data yang dipilih akan lebih cepat dan baik, laporan hasil pemungutan suara , dan meminimalkan biaya sebelum dan sesuah pemilihan. Dengan ada peran sistem informasi kerangkapan data pemilih juga bisa berkurang. Mudahnya memberikan laporan hasil pemilihan, dan kita juga bisa melihat seperti pada perhitungan cepat. Itu semua adalah peran dari sistem informasi. Jadi baik unsur, komponen dari informasi pilkada yang saling terhubung dan mempunyai tujuan yang spesifik yaitu mempermudah dalam proses pilkada.

 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: