.:: Grafik Komputer dan Pengolahan Citra Pada Game Pes 2010 ::.

28 09 2010
Pes 2010

Pes 2010

Grafik komputer ?

Kita mungkin sering mendengarnya, anda mungkin akan berpendapat “ya itu gambar animasi yang dibuat dikomputer”. Sebenarnya pendapat tersebut tidak salah tapi apakah kita tahu yang lainnya yang berhubungan dengan grafik komputer. Sebelum lebih jauh membahasnya mari kita lihat dulu pengertiannya.

Grafik komputer merupakan bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Kemudian Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian karena perkembangan zaman berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

Sering kita melihat Banyak sekali tiruan grafis mulai dari artis, pemain sepakbola, dan lain lain. Semakin nyatanya grafis tersebut sudah tentu semakin rumitnya proses pembuatannya, dan juga diperlukan kemampuan dasar seperti dibawah ini.

Bagian dari grafik komputer juga meilputi:

> Geometri adalah mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
> Animasi adalah mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
> Rendering adalah mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
> Pengolahan Citra (Imaging) adalah mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Pengolahan citra ?

Ya pengolahan citra merupakan bagian dari grafik komputer ini sangat berhubungan dalam membuat grafik komputer yang baik harus memperhatikan pengolahan citra yang baik pula. sebelum lebih jauh membahas mari kita lihat definisinya dahulu.

Pengolahan citra adalah salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.

Dasar dasar yang digunakan dalam pengolahan citra meliputi :

> Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling.

> Sampling  adalah proses untuk menentukan warna pada piksel tertentu pada citra dari sebuah gambar yang kontinu, Proses tersebut disebut proses digitisasi.

> Kuantisasi adalah Proses mengasosiasikan warna rata-rata dengan tingkatan warna tertentu.

Kemudian operasi pengolahan citra mengerjakan mulai dari peningkatan kualitas citra, pemulihan citra

Hal diatas merupakan bagian dari pengolahan citra, bagaimana bisa membuat grafis atau game yang baik bila mengabaikan pengolahan citra.

Mengingat kedua hal tersebut saling berhubungan, Kita bisa lihat implementasinya pada game Pes 2010 (Pro Evolution Soccer)

Pes 2010Pes 2010 merupakan implementasi dari suatu grafik komputer dengan pengolahan citra yang baik dan sangat berhasil memanjakan, memuaskan para penggila game sepakbola. Saya sendiri sebagai penulis sangat puas dengan grafisnya,suaranya, dan lain lain.

Bisa dilihat dari tahun ke tahun Game ini semakin baik. saya pertama kali memainkan adalah pes 2008, yang menurut saya lumayan, dan tahun lalu saya masih memainkan pes 2009 yang kualitasnya menurut saya hampir sama dengan game ps 2. tapi pes 2010 ini berbeda tampilannya unggul dan karena semakin bagusnya grafis spek komputer yang dibutuhkannya pun semakin tinggi. Mulai dari wajah, rambut, kostum dan gerakan yang dibuat semirip mungkin dengan pemain sepakbola yang terkait, dan juga lapangan penonton tampak begitu nyata. sungguh kita dimanjakan dan warna yang digabungkannya pun tidak membuat lelah mata. ini merupakan pengolahan citra yang sangat baik. saya sudah tidak sabar menunggu pes 2011 yang kabarnya.

Kemudian Spesifikasi minimum dan recommended untuk dapat memainkan pes 2010 di komputer :

MINIMUM SYSTEM REQUIREMENTS:
–    Windows XP SP2, Vista
–    Intel Pentium IV 2.4GHz or equivalent processor
–    1GB RAM
–    DirectX 9.0c compatible video card. 128MB Pixel Shader 2.0 (NVIDIA GeForce FX or AMD ATI Radeon 9700 video card)
RECOMMENDED SYSTEM REQUIREMENTS:
–    Windows XP SP2, Vista
–    Intel Core2 Duo 2.0GHz or equivalent processor
–    2GB RAM
–    DirectX 9.0c compatible video card. 256MB Pixel Shader 3.0 (NVIDIA GeForce 7900 or AMD ATI Radeon HD2600 or better)

Saran saya untuk kualitas yang baik sebaiknya anda memilih setting high yang tentunya harus didukung Spek komputer yang dibutuhkan. jika anda memilih setting dibawah medium maka akan tampil gerakan patah patah, tampilan yang agak kasar dan lain lain yang tidak diharapkan para penikmat game.

Jadi Pes 2010 merupakan salah satu contoh dari game yang memiliki kualitas grafis yang sangat baik itu semua karena tidak melupakan bagian dasar yang penting dari grafik komputer contohnya pengolahan citra.

Referensi : Wikipedia , systemreq, dan lain lain.


Aksi

Information

2 responses

20 10 2010
M.Fadh

Gan ane sangat suka game pes dan ini adalah info yang sangat baik…
thanx ^_^

==================================================
My Blog : http://www.g-kom.blogspot.com dan http://www.moviemoo.co.cc

22 10 2010
fik

boleh nnya gan..klo spec lptop saya bs ga :
-acer intel core i3 350 M procesor
-intel HD graphics
-memory DDR3 2 gb
-HDD 320 GB
mhn bntuannya gan, krna kmrn saya tanya kpd org jual DVD game PES 2010, dibilang ga bs.,pdhl saya skrg main game PES 2007.trims atas infonya gan..,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: