Trade: Mengungkap Misteri Perdagangan Anak

20 04 2010
poster-trade

Trade

Trade adalah film Jerman yang rilis pertama kali di Sundance Film Festival 2007. Walaupun digarap oleh orang Jerman, film ini mengangkat cerita penjualan manusia di perbatasan Meksiko dan Amerika Serikat. Para pemain dan settingnya pun kebanyakan di ambil di dua negara tersebut.

Film ini dibuat berdasarkan artikel Peter Landesman yang dimuat di NY Times Magazine, “The Girl Next Door” pada 2004. Artikel tersebut berusaha untuk menggambarkan realita mengenai fenomena penculikan anak-anak di bawah umur untuk dijual sebagai budak seks.

Di sebuah pemukiman kumuh di Meksiko, Adriana (Paulina Gaitan), seorang gadis manis berumur 14 tahun sedang mengendarai sepeda baru hadiah ulang tahun dari kakaknya, Jorge (Cesar Ramos). Ia ingin menemui Jorge untuk memberikan kartu tanda terima kasih atas kado spesial yang didapatnya. Namun, dalam perjalanan, ia diculik oleh beberapa pria.

Di tempat lain, Veronica (Alicja Bachleda), seorang wanita berkebangsaan Polandia, baru saja mendarat di Amerika Serikat. Ia dan seorang temannya pergi ke Amerika karena dijanjikan akan mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang lebih baik. Saat sampai di Amerika, Veronica merasa curiga karena paspor mereka ditahan. Teman Veronica berusaha kabur namun sayang akhirnya tewas tertabrak mobil. Veronica disekap dan dibawa ke Meksiko. Di sana, ia bertemu dengan Adriana.

Jorge, yang mengetahui adiknya diculik, berusaha sekuat tenaga mencari jejak para penculik. Ketika ia tahu bahwa Adriana akan dilelang di Amerika, Jorge mencari cara untuk melewati perbatasan. Ia pun bersembunyi di bagasi mobil Ray (Kevin Kline), seorang polisi Amerika yang juga sedang melakukan sebuah pencarian. Awalnya, Jorge tidak percaya kepada Ray. Namun, setelah Ray meyakinkan Jorge bahwa ia benar-benar ingin membantu, Jorge pun setuju untuk mengikuti rencana Ray.

Jorge dan Ray memulai pencarian dengan hati berdebar. Bersama, mereka mengetahui bahwa dunia perdagangan anak sangatlah terencana dan tersebar luas di seluruh belahan dunia. Ironisnya, pihak kepolisian pun terkesan lamban merespon dan menangani kasus ini. Tanpa bantuan pihak kepolisian, usaha Jorge dan Ray untuk menyelamatkan Adriana dan membongkar sindikat tersebut nyaris mustahil.

Film ini menawarkan realita mengenai perdagangan anak yang kerap terjadi di negara-negara ketiga. Permasalahan yang memang nyata adanya namun entah mengapa tidak berhasil diredam oleh pemerintah negara yang bersangkutan. Sindikat perdagangan anak terus ada, bahkan jalur operasi mereka semakin meluas setiap tahunnya.

Kekhawatiran akan masa depan anak-anak di dunia membuat pemerintah negara Jerman dan Rolland Emmerich (sutradara, penulis naskah, dan produser  yang sukses dengan film fenomenal, 2012) mengeluarkan bujet sebesar 12 juta dolar untuk mendanai pembuatan film ini. Film yang masuk kategori film indie ini disebarluaskan ke berbagai festival dan mendapatkan respon sangat positif dari berbagai kalangan, khususnya organisasi-organisasi kemanusiaan.

Tanggal rilis : 27 Maret 2010 (INA)
Genre : drama
Durasi : 119 menit
Sutradara : Marco Kreuzpaintner
Produser : Roland Emmerich, Rosilyn Heller
Pemain : Kevin Kline, Cesar Ramos, Alicja Bachleda, Paulina Gaitan, Marco Pérez, Kate del Castillo
Produksi : Centropolis Entertainment

Sumber : http://chip.co.id


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: