Struktur Organisasi Garis/Staff dan Fungsional pada suatu Institusi Pendidikan Dikatakan Buruk

30 12 2009

Saya membahas Mengapa Struktur Organisasi Garis/Staff dan Fungsional pada suatu Institusi Pendidikan Dikatakan Buruk. Kita tahu dasar organisasi dalam suatu institusi pendidikan adalah  tanggung jawab dan juga meliputi pembagian kekuasaan. Karena itu bisa disimpulkan  struktur organisasi bisa dikatakan mewujudkan segenap tugas pekerjaan untuk mencapai tujuan tertentu organisasi dengan terkonsep dan secara matang.

Sebelum jauh definisi organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. bahkan keluarga pun termasuk organisasi. kita telah ikut dalam organisasi tanpa kita sadari.

Kemudian terdapat bentuk struktur organisasi Garis/Staff dan fungsional di bidang institusi pendidikan

> Struktur Organisasi Garis mengenal suatu komando, sehingga tiap-tiap pekerjaan dalam organisasi hanya mengenal satu pemimpin. Dengan demikian ketegasan dalam perintah dan disiplin lebih terjamin.

> Struktur Organisasi Fungsional memanfaatkan tenaga ahli di dalam bidang khusus semaksimal mungkin, sehingga seorang pekerja dapat saja diperintah oleh lebih dari satu atasan sesuai dengan keahliannya.

> Sedangkan Struktur Organisasi Staff adalah perpaduan antara struktur organisasi garis dengan struktur organisasi fungsional dengan bantuan staff. Staff adalah tenaga ahli yang bertugas memberikan pertimbangan dan nasehat sesuai dengan keahliannya.

Selanjutnya mengenai keburukan Struktur Organisasi Garis/Staff dan Fungsional pada suatu Institusi Pendidikan

yang pertama karena dapat menimbulkan tirani minoritas, dan juga sulit melaksanakan koordinasi karena tidak cocoknya struktur yang dipakai otomatis kerjasama yang baik sulit tercipta karena memiliki kemampuan personal yang bisa dikatakan berbeda.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: