Prosesor Netbook Generasi Selanjutnya dari Intel

27 12 2009
intel-pinetrail

intel-pinetrail

Nyaris semua netbook di dunia ini menggunakan prosesor Atom buatan Intel. Selain hemat daya, prosesor tersebut dinilai cukup mampu untuk menjalankan komputasi dasar, seperti Internet, mengetik (biasanya dilakukan di Notepad atau Microsoft Word), dan lain-lain. Intel hari ini mengumumkan generasi terbaru dari prosesor tersebut. Intel memberi nama kode “Pine Trail” untuk chipset mereka ini.

Platform Intel terbaru ini menggunakan prosesor Intel Atom, N450, dan Intel NM10 Express Chipset  (untuk netbook) yang mempunyai konsumsi listrik yang lebih rendah. Sedangkan desktop PC tingkat dasar menggunakan antara prosesor Intel Atom D410 atau D510 yang memiliki dua inti, yang kemudian dipasangkan dengan Intel NM10 Express Chipset. Terdapat beberapa penambahan feature canggih pada Pine Trail. Salah satu feature yang paling penting dalam platform terbaru ini adalah penambahan graphic controller yang telah terintegrasi di dalam CPU. Dengan adanya feature tersebut, chipset ini mampu menghadirkan video HD sebesar 720p. Dengan kata lain, akan hanya ada dua chip (CPU+chipset), tidak lagi tiga chip (CPU, chipset, I/O controller hub) seperti sebelumnya.

N450 adalah sebuah prosesor Atom satu inti yang menggunakan cache L2 512k dan perangkat TDP sebesar 7 watt termasuk chipset. D410 untuk desktop PC tingkat dasar adalah prosesor Atom dengan satu inti yang memiliki cache L2 512k dan perangkat TDp sebesar 12 watt termasuk chipset, dan D510 untuk desktop PC tingkat dasar adalah prosesor Atom dua inti dengan cache L2 1Mb dan perangkat TDP sebesar 15 watt termasuk chipset. Semua chip baru ini mempunyai kecepatan sebesar 1,66GHz. Harga dan ketersediaan barang akan diumumkan pada bulan Januari, saat sistem-sistem tersebut diberikan bagi para OEM.

Sumber : Chip


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: