Object Oriented Programming (OOP)

24 11 2008

Object Oriented Programming (OOP) dapat diartikan beberapa macam antara lain :
– Suatu teknik atau cara untuk membuat program (perangkat lunak) objek.

– Pemrograman yang dibangun dengan cara membungkus (enkapsulasi) komponennya menjadi kelompok data dan fungsi yang dapat mewarisi atribut dan sifat dari komponen lainnya. dan komponen – komponen tersebut dapat berinteraksi satu sama lainnya.

– Pemrograman yang didasarkan pada objek-objek, yaitu suatu unit terkecil dari program yang mengandung data dan fungsi yang bekerja atas objek tersebut.

Perangkat lunak objek merupakan perangkat lunak yang dibangun dari kelas-kelas dan objek-objek yang saling berinteraksi satu sama lainnya. Kelas adalah deskripsi statis dari sesuatu objek-objek yang memiliki karakteristik yang sama. Objek adalah sesuatu yang diinstansiasi dari kelas.

Karakteristik OOP antara lain :

– Abstraksi = Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti.

– Enkapsulasi (Pembungkusan) = adalah Variabel dan method dibungkus dalam suatu objek dibungkus agar terlindungi. Dimana Setelah dibungkus, barulah hak akses terhadapnya bisa ditentukan. salah satu contohnya adalah jam tangan. Ini juga penjelasan yang paling mudah dipahami. Taukan fungsi jam? betul, buat nunjukin waktu. Pas beli jam tangan kita hanya memilih tampilan dan kualitas yang bagus, itu yang terpenting. Masa bodo dengan cara mesin rangkaian digital yang bekerja di dalam jam itu. Gimana ngertikan konsep enkapsulasi? intinya kita hanya perlu tau apa kegunaannya, gimana cara memakainya dan hasilnya apa.

– Inheritance (Pewarisan/Penurunan) = adalah suatu metode pemrograman yang berbasiskan pada objek, secara singkat pengertian dari OOP adalah koleksi objek yang saling berinteraksi dan saling memberikan informasi satu dengan yang lainnya. Dalam Object Oriented terdapat istilah Objek dan kelas yaituObjekObjek adalah sesuatu yang memiliki identitas (informasi tentang dirinya) dan tingkah laku (apa yang dapat dilakukan) contoh objek dalam dunia nyata adalah rumah, sepeda, motor, manusia, hewan dll. Identitas dari suatu objek adalah informasi tentang dirinnya sebagai contoh adalah objek Hewan memiliki indentas berupa nama, jenis, tangan, kaki, mata dll, tingkah laku dari objek hewan adalah berjalan, berlari, tidur dll. Contoh lain adalah tentang jam tangan. Dulu fungsi jam tangan hanya sebagai penunjuk waktu saja, tapi sekarang fungsinya sudah nambah, dari yang bisa nampilin tanggal sampe kalender. Inheritance Jadi, dengan inheriten semua perubahan itu gak ngerubah bulat-bulat objek yang ada, tetapi hanya menambah dan memodifikasi dengan mempertahankan objek (class) awalnya.

– Polymorphism = adalah objek yang memiliki banyak bentuk.. bahasa pemrogramman yang berorientasi objek sejati harus bisa konsisten terhadap sifat yang ada dan telah dideskripsikan diawal ketika program dan data tersebut dibuat di JAVA sifat polimorfisme ini bisa dilihat pada perilaku method, dimana method di JAVA bisa di override… istilah kerennya overridding method analoginya seperti class anjing misalnya dia punya method smell… maka parameter yang diberikan oleh kepada method smell ini bisa berbeda… misalnya saya memberikan parameter kucing pada method smell di class anjing… maka method smell akan memberikan pengembalian menggonggong…. Sedangkan ketika saya memberikan parameter makanan pada method smell di class anjing… maka method smell akan memberikan pengembalian makan…

Penerapan di JAVA :

class variable1 {

int x;

int y;

varible1 (int x, int y) { //method dengan parameter list

this.x = x;

this.y = y;

}

variable1 () { //method tanpa parameter list

x = 1;

y = 1;

}

class variableview {

public static void main (String args []){

varable1 a = new variable1 ();

System.out.println(“x=” + a.x + “y=” + a.y);

}

}

Hasil yang akan ditampilkan ketika program diatas dijalankan adalah x = 1 dan y = 1 karena program ini membuktikan sifat polimorfisme yang ada di JAVA… class variableview memanggil method variable1 tanpa parameter… sehingga nilai yang dikembalikan adalah nilai yang ada dimana nilai tersebut berada di method yang tidak memiliki parameter list…

– Reusability = Supaya dapat dipakai dalam banyak aplikasi dan situasi –supaya tidak perlu lagi mengimplementasi ulang, walaupun hanya ada perbedaan sedikit saja dari yang sudah dikerjakan sebelumnya

– Komunikasi antar Objek

Macam-macam bahasa OOP antara lain :
– Bahasa OOP Murni adalah bahasa yang mengharuskan program betul-betul ditulis dari objek-objek saja. Contoh: Eiffel, SmallTalk, Java.
– Bahasa OOP Hybrid adalah bahasa yang masih memungkinkan penulisan program mencampuradukkan objek dengan fungsi dan type lainnya di luar objek. Contoh: C++, PHP, Delphi

Mengapa OOP dibutuhkan ?
– Sudut pandang pembuatan program selaras dengan realitas dunia nyata.
– Kemudahan pengembangan.
Analisis ke desain ke implementasi ke pengujian ke perawatan
– Kecepatan pengembangan.
– Peningkatan produktivitas.

Penjelasan tentang Object Oriented Programming (OOP) Yang saya Posting diatas mungkin dapat membantu anda. jika anda ingin menyampaikan kelebihan dan kekurang blog saya bisa berikan komentar. dan mungkin bila nanti ada penambahan materi saya akan perbaharui lagi materi ini. terima kasih

Nama : Fariez Pebrian Wiraputra
Npm : 10108772
Kelas : 1 ka 05


Aksi

Information

21 responses

26 11 2008
chocolatyoz

thank’s bgt ya . . .
blog lo beguna banget wat ide gue n bisa jadi bahan tulisan.
danke . . .

26 11 2008
aswin9

Blog anda Luarrrrrrr Biasaaaaaaa
tadinya saya tidak tahu sama sekali tentang oop, tapi lewat blog anda saya mengerti walaupun hanya beberapa yang saya mengerti

26 11 2008
prettycure

Mantap blog anda.
Padat,singkat,dan berbobot.
Apakah diblog ini anda hanya membahas oop saja. Kalo bisa tambahkan lagi materi yang keren2. Sukses buat anda

26 11 2008
eldin

nice blog!
Keep up the good work!😉
————————————————————————————————————
GOD BLESS IRAN !

28 11 2008
ahmad fauzan

mantab……
ada bibit,bebet dan bobotnya…..

keep spirit….!!!!

30 11 2008
51917s

widih blog nya…………

walopun gak ngerti OOP……tapi pas gw liyat blog lokh..
tetep gak ngerti juga….emangnya gw geblek kali yakh…
hohohho..
tapi blog sampeyan nice om……
truskan prestasimu…….harumkan nama bangsa…..d dunia perblogan..
hoho..
dan FORZA MILANO…….!!!!!

29 04 2009
amier

kayaknya belum kesampean otak gw

HIDUP MILANISTI

21 10 2009
tree

ajibbbbbbbbbbbbbbbb

21 10 2009
aswin

luarrr biasa bro. tapi rumit juga yak

21 10 2009
ambar

NICE INPOH GAN

21 10 2009
aji

amazing brooo

21 10 2009
recky

ajib broooo. tp pusing jg hehe

21 10 2009
farhan

lierrrr euy. perlu belajar lagi nih.

21 10 2009
okob

luarrr biasa kaga ngarti gw. hahaha

21 10 2009
latief

saya bisa . bisa pusing,. hahaha

21 10 2009
adit

amazing

21 10 2009
adjie

buset dah. panjang bener ya

21 10 2009
alam

teu nyaho urang mah.

3 11 2009
Alan

blog lu dahsyat banget

16 07 2010
vina

apa kegunaan OOp ??

16 07 2010
vina

contoh tag atau language pada oop apa saja ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: